Senin, 11 April 2016

Mengenal Kanker, Penyebab Kematian No. 1 di Dunia

Mengenal Kanker, Penyakit Pembunuh No. 1 di Dunia

Assalamualaikum Sahabat DokterLiza, 

Pada postingan kali ini, saya ingin menulis tentang kanker, penyakit yang menjadi penyebab kematian No. 1 di dunia. Ya, kanker menjadi pembunuh utama yang diikuti dengan penyakit kardiovaskular (yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah). Berdasarkan World Cancer Report 2014 yang berisi tentang laporan penelitian kanker yang dimulai sejak tahun 2008 menunjukkan bahwa penyakit ini menjadi pembunuh paling banyak di dunia. Pada tahun 2012, sebanyak 8,2 juta penderita kanker meninggal dan 14,1 juta penderita baru. Mirisnya lagi, kematian akibat kanker diprediksikan akan meningkat menjadi 13 juta dan kasusnya meningkat menjadi 22 juta pada tahun 2025.  Menulis tentang kanker memang menimbulkan kengerian tersendiri apalagi jika kita berhadapan langsung dengan pasien, teman, atau sanak famili yang didiagnosa dengan kanker.

Apa itu kanker?

Kanker adalah penyakit yang timbul akibat adanya kalainan pada sel tubuh kita. Normalnya, sel-sel di tubuh kita tumbuh dan membelah secara terkontrol. Namun, jika ada sesuatu kejadian yang menyebabkan kesalahan pada blueprint genetik si sel, maka kontrol sel untuk tumbuh dan membelah bisa hilang alias menjadi tidak terkontrol. Nah, begitulah kanker, istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan kumpulan sel-sel yang pertumbuhan dan pembelahannya tidak terkontrol. Sel-sel ini juga bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan kematian. Sel kanker bisa terbentuk dari berbagai jenis sel yang terdapat pada jaringan tubuh. Oleh karena itu, beda tempat, beda pula nama kankernya. Sampai saat ini ada 100 jenis kanker sesuai dengan jenis jaringan dan bagian tubuh.

Apakah kanker sama dengan tumor? 

Banyak diantara kita yang beranggapan kalau kanker sama dengan tumor. Pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Tumor terbagi dua, ada tumor jinak atau dikenal dengan benigna dan ada pula tumor ganas yang dikenal dengan maligna. Tumor jinak hanya tumbuh di satu tempat dan tidak menjalar ke tempat lain. Tumoh jinak ini tidak berbahaya. Sedangkan tumor ganas, ia bisa tumbuh dan menjalar ke bagian tubuh lainnya dan tidak terkontrol. Nah, tumor ganas inilah yang disebut dengan kanker.

Bagaimana kanker tumbuh dan menyebar? 

Bagaimana kanker tumbuh?
Bagaimana kanker berkembang?

Sel kanker yang disebut juga dengan sel mutan (sel-sel yang dihasilkan karena kesalahan pada blueprint genetik) tumbuh dan membelah secara brutal (tidak terkontrol) sehingga membentuk benjolan atau tumor. Pada beberapa kasus, sel-sel ini akan berbentuk sekret, dan pada kasus lain seperti leukemia, sel darah yang abnormal akan bersirkulasi ke seluruh tubuh. Sel-sel kanker yang berbentuk tumor bisa pecah dan berjalan sesuai dengan aliran darah dan sistem limfatik ke berbagai bagian tubuh. Nah, kanker ini bisa singgah di bagian tubuh tersebut dan membuat kanker yang baru atau metastasis. Nah, kanker yang telah bermetastase ini bisa menyebabkan kematian karena tubuh kita tidak bisa lagi bekerja dengan baik. 

Lalu, apa saja penyebab kanker? Siapa saja yang beresiko terkena kanker? Kanker apa sajakah yang paling banyak diderita oleh laki-laki dan perempuan? Apakah kanker bisa dicegah? Dan apakah kanker itu menular? Nantikan postingan berikutnya di blog www.dokterliza.com

Referensi tulisan: 
World Cancer Report 2014 http://www.iarc.fr/en/publications/books/wcr/wcr-order.php

23 komentar:

  1. Infomatih banget ini postingan.. akan diingat selalu... trims :D

    BalasHapus
  2. wah.... beruntung nemu blog punya dokter yg cantik dan cerdas...
    inshaa alloh saya akan terus memantaunya dok
    bermanfaat sekali... apalagi di umur2 yg sdh kepala 4

    BalasHapus
  3. Wah, dokter yang suka ngeblig. :D Ditunggu post berikutnya tentang kanker

    BalasHapus
  4. Kanker itu memang pembunuh yang sangat menakutkan tapi semua itu bisa di cegah sejak dini ...

    BalasHapus
  5. wah siap" jadi makin pimntar nih kalo mampir ke blonya bu dokter... mksih bu... salam kenal mbak or bu liza...

    BalasHapus
  6. salah satu penyakit yang menjadi momok

    BalasHapus
  7. Bibi saya meninggal karena kanker payudara Mba Liza :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kanker payudara juga sering banget di tempatku mbak

      Hapus
  8. pernah ikut penyuluhan tetntang kanker khususnya serviks yang katanya pembunuh nomer 1. ditunggu postingan selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, serviks pembunuh nomor satu untuk wanita

      Hapus
  9. Kanker masih menjadi momok yg menakutkan dan paling umum banyak terjadi pada perempuan. Inspiratif postingan Dr.Liza

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih pak yusuf atas suport dan obat nya yg bapak kirim, saya sudah meresa enakan selama ini. sekali lagi trimakasih

      Hapus
  12. Saya sangat br trimakasuh atas tulisan di blog dr liza...blog nya sangat membantu bagi kami si penderita cancer serviks...apa lagi ada juga dr yusuf yg siap membantu prmasalhan kami...alhamdulillah saya sudah sembuh dari penyakit ini...setelah saya konsultasi dan minum obat yg di kirim dr yusuf selama 3 bulan rutin...sampai pada hasil nya sel cancer dapat keluar dan saya juga akhir nya bisa sembuh total...sekali lagi trimaksih buat dokter yusuf dan dr liza selaku penulis blog...bagi yang belum sembuh coba hub dr yusuf...insyah allah juga bisa sembuh sprti saya

    BalasHapus
  13. Makasih mbak, karena dengan senang hati berbagi pengetahuan yang bermanfaat :))

    Salam,
    Senya

    BalasHapus